Jumat, 10 November 2017

CARA BELAJAR MENYETEM CHORD GITAR



Cara Belajar Menyetem Chord Gitar


Menyetem kunci gitar ini dapat kita lakukan dengan beberapa metode, seperti dengan tuning standar lalu menggunakan tuner (efek gitar ataupun aplikasi dari android) dan dengan menyesuaikan dengan instrument yang lain atau juga dapat menggunaan teknik harmonik.
Cara menyetem gitar manual
Cara ini cukup mudah karena kita mesti melakukan pelatihan pendengarankita serta kepekaan terhadap nadanya.
1.    Pada fret 5. Tekanlah senar 6, kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan.
2.    Pada fret 5. Tekanlah senar 5, kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan.
3.    Pada fret 5. Tekanlah senar 4, kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.
4.    Pada fret 5. Tekanlah senar 3, kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan
5.    Pada fret 5. Tekanlah senar 2, kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan
Cara menyetem gitar dengan tuning standar
Tuning sebenarnya banyak dipakai oleh gitaris dan biasanya lagu-lagu yang terdapat dipasaran memakai setelan standar seperti ini.
Cara menyetel tanpa memakai alat bantu ini sangat mudah dengan secara langsung lewat lagu yang sudah kita dengar, dengan menggunakan lagu yang dipermulaannya diawali dari chord E. Sebab dengan chord itu kita dapat mengerti nada E meskipun tidank dipetik atau nada open string. Jika sudah sesuai selanjutnya dapat digunakan metide manual seperti di atas.
Cara menyetem gitar dengan instrument lain
Cara ini biasanya digunakan di studio, misalnya disesuaikna dengan keyboard agar nadanya terdengan mirip. Tapi tidak hanya gitar saja, bias juga digunaan di bass.

Tips dan cara belajar gitar untuk pemula.
1.    Pilihlah instruksi dari internet maupun buku.
2.    Cari musisi yang professional.
3.    Pelajari bagian bagian pada gitar.
4.    Latihan secara rutin.
5.    Melatih memori otot tangan.
6.    Kelola kepalan pada ujung jari kamu.
7.    Bangun kekuatan fret tangan kamu.
8.    Awalilah dengan suatu lagu.
Demikianlah artikel yang dapat saya paparkan, semoga dapat bermanfaat untuk semua orang khususnya untuk seseorang yang ingin memperdalam ilmu tentang gitar.

4 komentar:

KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT

KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT Seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Karya seni rupa...