Sabtu, 16 Desember 2017

ISTILAH-ISTILAH INTERNET


ISTILAH ISTILAH INTERNET



1.    Intranet

Sebuah jaringan lokal yang menghubungkan sesama komputer dalam jaringan lokal, umumnya digunakan untuk kepentingan internal suatu perusahaan, instansi atau organisasi.



2.    Browser/web browser

Program aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet atau dengan kata lain sebagai wadah untuk membuka berbagai halaman website dari penjuru dunia yang ada di internet. Contoh dari browser ini yaitu Google Chrome, Mozila Firefox, Safari, Internet Explorer, dan lain-lain.



3.     HTML(Hyper Text Markup Language)

Sebuah bahasa markup atau kode yang digunakan untuk membuat halaman web yang kemudian menerjemahkan kode tersebut  melalui mekanisme internet sehingga dapat menampilkan informasi kepada pengunjung.



4.    Server

Sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.



5.    Client

Sebuah computer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh server yang diperlukan oleh user. Client biasanya dikendalikan / digunakan oleh seorang user.

6.    Bandwith

Lebar pita, merupakan besaran yang menunjukkan kaasitas transfer banyaknya data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah jaringan. Kecepatan data berubah setiap saat tergantung kondisi pengguna internet. Satuan kecepatan dari bandwith yaitu Mbps atau Kbps.



7.    Search engine

Program suatu website yang digunakan untuk mecari informasi/data yang ada di internet. Contoh Search Engine yang sering digunakan saat ini yaitu Google, Yahoo, Lycos, Bing dan masih banyak lagi.



8.    URL (Uniform Resource Locator )
Suatu sistem yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat website, alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web contohnya adalah www.siswamaster.com



9.    Website

Kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan atau hubungan dari semuanya itu baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan dengan berbagai link.



10. Hompage

Halaman muka dari suatu situs yang menampilkan informasi/deskripsi mengenai isi situs tersebut. Webpage : Halaman web.



11. Hyperlink

Koneksi yang menghubungkan sebuah halaman web ke halaman lainnya dalam internet.



12. ISP(Internet Service Provider)
Suatu perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk penggunanya.



13. Dial-up

Jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon.



14. Offline

Keadaan seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika tidak terhubung ke internet.



15. Online

Keadaan seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika sedang terhubung ke internet (kebalikan offline).



16. Login/sign-in
Proses masuk ke dalam sebuah halaman web (misalnya masuk ke dalam akun pribadi) dengan memasukkan password dan username pengguna.



17. Logout/sign-out

Proses keluar dari sebuah halaman web (misalnya keluar dari akun pribadi).



18. Protocol

Aturan standar yang mengatur mekanisme suatu jaringan sehingga sesama komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi.



19. Hypertext
Teks Hyper yang maksudnya adalah sebuah teks yang berkaitan dengan dokumen lainnya.



20. POP(Post Office Protokol)
Protokol untuk mengambil atau membaca sebuah e-mail dari sebuah server yang ada di internet ke komputer lokal/pribadi.





21. Uploud
Kegiatan yang dilakukan untuk mengunggah/mengirim informasi atau data berupa file, dokumen, foto, video atau audio dari komputer pribadi ke internet.



22. Download

Aktifitas untuk mengambil file, gambar, video, audio dan data/informasi dari internet untuk kemudian disimpan/digunakan pada komputer pribadi.



23. Freeware

Program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis, setiap orang diperbolehkan mengambil file tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT

KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT Seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Karya seni rupa...