Sabtu, 16 Desember 2017

MANFAAT MENDENGARKAN MUSIK



Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehata

 

Musik adalah bagian terpenting dari kesehatan fisik dan emosional bahkan sejak bayi di dalam rahim ibu, mendengarkan detak jantung dan irama pernapasan. Mendengarkan musik favorit akan membuat suasana hati anda semakin membaik selain itu penelitian yang lebih lanjut menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan kesehatan. Bahkan musik dapat meringankan penyakit yang diderita oleh pasien, selanjutnya ditemukan adanya hubungan kesehatan dengan mendengarkan musik.

Berikut adalah manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan :

1.    Membantu meringankan nyeri punggung
Pada umumnya musik bekerja pada system syaraf otonom yang berperan dalam mengontrol tekanan darah, fungsi otak dan mengontrol detak jantung. Ketika system syaraf mendengarkan ritme yang lambat diputar maka tekanan darah dan detak jantung akan mengaruhi ketegangan yang berada diarea otot leher, perut, bahu dan punggung. Musik juga dapat menurangi ketegangan psikologis pikiran. Mendengarkan music dengan teratur akan membantu rileks fisik dan mental sekaligus dapat membantu meringanan nyeri punggung. Mendengarkan musik selama 25 menit setiap hari dapat membantu meringankan nyeri otot.
2.    Membantu semangat berolahraga
Mendengarkan music akan membantu olahraga yang lebih baik untuk kesehatan. Berolahraga sambil mendengarkan musik akan mengurangi rasa bosan dan juga lelah. Mendengarka music ketika berolahraga akan meningkatkan semangat dan mengubah suasana hati semakin membaik. Jenis musik yang tepat untuk saat oalhraga adalah hip hop, dangdut,\ dan music dansa.
3.    Kesehatan memori
Bagi pasien yang kehilangan ingatan, musik bias menjadi terapi untuk membatu pasien dalam mengembalikan ingatan pasien. Lagu yang berhubungan langsung dengan kisah yang peranah terjadi dimasa lamapau, hal ini karena otak memproses sebelah memori sehingga membantu pasien mengingat kejadian yan pernah terjadi. Bagi pasien yang mendengarkan musik dapat mengurangi gejala kecemasan dan orientasi ingatan disbanding dengan pasien yang tidak mendengarkan musik sama sekali.bagi pasien yang memiliki kehilangan memori dikarenakan beberapa faktor terutama amnesia sebaiknya mendengarkan lagu pilihan pasien untuk mempercepat pemulihan.
4.    Mempercepat pemulihan bayi premature
Bayi yang mendengarkan musik dan lahir premature lebih cepat pulih dari rumah sakit daripada mereka yang tidak mendengarkan musik. Music dapat menenangkan jetak jantung dan juga dapat memberikan tidur yang nyaman bagi bayi. Music juga dapat mengurangi rasa sakit pada bayi. Pilihan musik yang tepat adalah music yang memberikan ketenangan pada bayi.

1 komentar:

KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT

KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT Seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Karya seni rupa...